Sabtu, 28 Maret 2020

Benjolan di buah zakar sebelah kiri

Benjolan di buah zakar sebelah kiri - Testis atau buah zakar merupakan satu organ yang sangat sensitif dan rentan terhadap cedera. Adanya benjolan pada testis merupakan salah satu hal yang paling menakutkan bagi kaum pria. Karena testis memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria.

Benjolan di buah zakar sebelah kiri

Benjolan di buah zakar sebelah kiri


Testis atau buah zakar merupakan bagian penting dalam sistem reproduksi pria. Testis adalah dua organ yang berbentuk oval seukuran buah zaitun. Kedua organ tersebut berada di dalam skrotum, yaitu kantong kulit yang menggantung di belakang Mr P. Testis berfungsi untuk membuat hormon pada pria, termasuk hormon testosteron yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel sperma dan sel-sel reproduksi lainnya pada pria. Pria perlu tahu, beberapa penyakit yang umumnya menyerang testis! Benjolan di buah zakar sebelah kiri

Berikut ini beberapa penyakit yang umum menyerang testis, antara lain:

Epididimitis
Epididimitis merupakan kondisi ketika terjadinya pembengkakan pada saluran bagian belakang testis yang membawa sperma dari testis menuju uretra. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau penyakit menular seksual (PMS). Epididimitis biasanya menyerang pria yang berusia 19-35 tahun.

Epididimitis muncul ditandai dengan gejala demam ringan, epididimitis terasa nyeri dan bengkak, buang air kecil yang sering dan terasa sakit, nyeri pada Mr P, berhubungan intim yang terasa sakit, dan adanya darah pada sperma saat ejakulasi.

Trauma Testis
Trauma testis biasanya muncul karena testis pernah mengalami cedera saat terhantam benda keras, atau tertendang. Pria dengan kondisi ini biasanya akan merasa mual dalam beberapa waktu. Trauma testis ringan biasanya akan menghilang secara perlahan dalam waktu kurang dari satu. Namun, jika rasa sakit enggak juga hilang dalam waktu lebih dari satu jam, dan testis bengkak atau memar, ini merupakan gejala cedera testis yang serius dan perlu segera ditangani.

Kanker Testis
Kanker testis bukan penyakit yang menular dan bisa disembuhkan sepenuhnya. Pengobatan pada kanker testis dilakukan tergantung pada jenis kanker dan stadium tumor yang dialami. Penyakit ini biasanya terjadi pada pria berusia 30-35 tahun.

Kanker testis muncul dengan gejala skrotum terasa berat, nyeri pada perut atau selangkangan yang terasa panas, rasa nyeri dan tidak nyaman pada testis atau skrotum, sakit punggung, serta nyeri pada dada.

Varikokel
Varikokel merupakan pembengkakan pembuluh darah vena dalam skrotum. Kondisinya mirip dengan varises. Penyakit ini dapat terjadi pada salah satu sisi atau kedua sisi skrotum. Varikokel bisa disebut juga dengan varises testis. Kondisi ini bisa menyebabkan buah zakar jadi bengkak dan meregang.

Varikokel ditandai dengan benjolan yang muncul secara tiba-tiba pada salah satu skrotum, buah zakar membengkak dan terasa sakit, garis pembuluh darah di bagian atas testis membesar, serta mengalami nyeri yang timbul lalu hilang dan berulang dalam waktu yang lama.

Hidrokel
Hidrokel merupakan penumpukan cairan berair yang tidak terasa menyakitkan pada satu, atau kedua testis. Kondisi ini menyebabkan skrotum dan area selangkangan membengkak. Penyakit ini bisa dialami oleh bayi yang baru lahir, dan pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun.

Kondisi ini sering enggak menimbulkan gejala. Gejala yang muncul biasanya nyeri, bengkak, dan berwarna kemerahan pada buah zakar, atau adanya sensasi rasa tertekan pada daerah bawah Mr P. Hidrokel bisa terjadi pada satu atau kedua sisi testis.

Penelusuran yang terkait dengan Benjolan di buah zakar sebelah kiri : benjolan di buah zakar sebelah kiri pada bayi, benjolan pada buah zakar sebelah kiri bawah, benjolan pada buah zakar sebelah kiri atas, benjolan seperti bisul di buah zakar, ada benjolan di testis tapi tidak sakit, benjolan kecil di buah zakar tapi tidak sakit, cara menghilangkan benjolan pada kantung zakar, obat alami sakit buah zakar sebelah kiri

Cara Alami Mengobati Buah Zakar Bengkak - Sakit Buah Zakar - Verikokel - Hidrokel - Orchitis - Kencing Nanah/Gonore - ISK - Sipilis/Raja Singa - Klamidia - Trikomoniasis Dan Penyakit Lainnya

Benjolan di buah zakar sebelah kiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih - Terdapat beberapa faktor yang dapat ...