Kamis, 05 Maret 2020

Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Yang Aman Dan Ampuh

Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Yang Aman Dan Ampuh - Hidrokel adalah sekumpulan cairan di dalam skrotum pria yang pada dasarnya adalah cadangan cairan di sekitar salah satu atau kedua testis. Ini merupakan kondisi yang cukup umum, dan dialami oleh sekitar 1 hingga 2% dari anak laki-laki. Di sebagian besar kasus, hidrokel tidak menyebabkan munculnya gejala dan cenderung hilang dengan sendirinya, tanpa diberi pengobatan. Hidrokel yang membandel biasanya harus diatasi dengan operasi, walaupun Anda juga bisa menggunakan beberapa pengobatan rumah dan pengobtaan alternatif menggunakan obat herbal.

Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Yang Aman Dan Ampuh

Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Yang Aman Dan Ampuh

Kenali tanda dan gejalanya. Indikasi hidrokel yang pertama adalah terjadinya pembengkakan atau pembesaran skrotum tetapi tidak terasa sakit. Pembengkakan tersebut menandakan terkumpulnya cairan di sekitar salah satu atau kedua testis. Hidrokel yang terjadi pada bayi jarang sekali yang menimbulkan komplikasi dan biasanya akan menghilang tanpa diobati sebelum anak berusia satu tahun. Sebaliknya, pria dewasa yang menderita hidrokel mungkin akan merasa tidak nyaman ketika skrotum membengkak dan bertambah berat. Dalam kasus ekstrem, ini bisa membuat penderitanya sulit duduk atau berjalan/berlari.

  • Rasa nyeri atau tidak nyaman yang ditimbulkan oleh hidrokel biasanya berkaitan dengan ukurannya. Semakin besar ukurannya, semakin menimbulkan rasa tidak nyaman.
  • Hidrokel cenderung berukuran lebih kecil di pagi hari (sesudah bangun tidur), dan semakin membengkak ketika hari bertambah siang.
  • Bayi prematur memiliki risiko yang lebih besar mengalami hidrokel. Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Yang Aman Dan Ampuh


Bersabarlah ketika mengalami hidrokel.

Di kebanyakan kasus pada bayi laki-laki, remaja dan pria dewasa, hidrokel bisa hilang sendiri tanpa diberi pengobatan khusus. Sumbatan yang terjadi di dekat testis akan hilang sendiri, dan hidrokel akan mengering dan terserap ke dalam tubuh. Oleh karena itu, apabila skrotum Anda membesar dan tidak terasa sakit atau menimbulkan masalah ketika berhubungan seks atau buang air kecil, biarkan beberapa waktu hingga pembengkakan tersebut hilang sendiri.

  • Bagi bayi laki-laki, hidrokel biasanya akan hilang sendiri dalam waktu satu tahun setelah lahir.
  • Tergantung penyebabnya, hidrokel yang terjadi pada pria dewasa sering kali akan hilang secara bertahap dalam waktu enam bulan. Hidrokel berukuran besar bisa memerlukan waktu yang lebih lama, namun tidak sampai melebihi satu tahun jika tidak diberi pengobatan.
  • Hidrokel pada anak-anak dan remaja dapat disebabkan oleh infeksi, trauma, puntiran atau tumor testis, jadi kondisi harus dipastikan terlebih dahulu oleh dokter.
  • Hidrokel mirip dengan ganglion (simpul saraf) yang terbentuk di dalam selubung tendon di dekat persendian yang akan hilang secara bertahap.


Cobalah mandi dengan garam Epsom. 

Apabila testis/skrotum Anda bengkak tetapi tidak terasa sakit, cobalah mandi dengan air hangat yang dicampur dengan beberapa cangkir garam Epsom. Bersantailah di dalam bak mandi selama 15 hingga 20 menit dengan kaki sedikit dibuka, sehingga skrotum Anda terendam di dalam air. Hangatnya air akan merangsang pergerakan cairan tubuh (bisa membantu membuka sumbatan) dan kandungan garamnya bisa mengeluarkan cairan melalui kulit dan mengurangi bengkak. Garam Epsom juga banyak mengandung magnesium, yang bisa membantu mengendurkan otot/tendon dan meredakan nyeri.

  • Jika hidrokel Anda menimbulkan rasa nyeri, merendam skrotum di dalam air hangat (atau sumber panas yang lain) bisa memperbesar pembengkakan dan memperparah gejalanya.
  • Jangan mandi menggunakan air yang terlalu panas (agar kulit Anda tidak melepuh) dan jangan terlalu lama berendam di bak mandi (agar Anda tidak dehidrasi).


Jangan sampai testis Anda mengalami luka atau terkena PMS (penyakit menular seksual).

Penyebab hidrokel pada bayi laki-laki belum diketahui, walaupun diduga karena adanya cadangan cairan yang terjadi karena sirkulasi yang buruk saat bayi masih di dalam rahim. Akan tetapi, untuk anak laki-laki yang lebih besar dan pria dewasa, hal ini biasanya disebabkan karena adanya luka di skrotum atau karena infeksi.Luka bisa didapatkan ketika bermain gulat, bela diri, bersepeda, dan berbagai aktivitas seks. Infeksi yang terjadi pada testis/skrotum sering kali dikaitkan dengan penyakit menular seksual. Oleh sebab itu, lindungi skrotum Anda agar tidak terluka dan terapkan seks yang aman.

  • Apabila Anda memainkan olahraga yang rawan benturan, selalu pakai alat pelindung yang terbuat dari plastik untuk melindungi skrotum Anda agar tidak cedera.
  • Selalu gunakan kondom baru ketika Anda berhubungan seks untuk mengurangi risiko terkena infeksi. PMS tidak selalu menyerang testis, tetapi ini bukan hal yang tidak mungkin.

Bila nyeri testis masih tergolong ringan, Anda bisa mencoba berbagai pengobatan rumahan, antara lain:

1. Kompres es
Hal ini dapat meringankan rasa sakit pada testisg. Ambil kompres es dan letakkan di skrotum selama setengah jam dan ulangi setiap dua jam. Perlu diingat, tempelkan es hanya setelah membungkusnya dengan handuk atau kain.

2. Mandi air hangat
Menikmati mandi air hangat yang menenangkan dapat meringankan rasa sakit dan juga mempercepat aliran darah ke testis.

3. Angkat
Berbaring di tempat tidur dan angkat skrotum Anda. Gulung saputangan dan tempatkan di bawah skrotum. Hal ini akan meringankan rasa sakit di testis Anda.

4. Celana pendukung atletik
Anda dapat memakai pembungkus kain di sekitar skrotum atau celana pendukung atletik untuk menghindari cedera lebih lanjut pada testis. Ini juga akan membantu menyingkirkan ketidaknyamanan.

Penelusuran yang terkait dengan Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Yang Aman Dan Ampuh : cara mengobati hidrokel dengan jeruk nipis, cara mengobati hidrokel pada bayi secara alami, hidrokel sembuh, jeruk nipis untuk hidrokel, jawer kotok untuk hidrokel, biaya operasi hidrokel 2018, hidrokel pada bayi 2 bulan, cara mengobati buah zakar besar sebelah pada bayi secara alami

Cara Alami Mengatasi Buah Zakar Bengkak - Sakit Buah Zakar - Verikokel - Hidrokel- Kencing Nanah/Gonore - ISK - Sipilis/Raja Singa - Klamidia - Trikomoniasis Dan Penyakit Lainnya

Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Yang Aman Dan Ampuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih - Terdapat beberapa faktor yang dapat ...