Rabu, 11 Maret 2020

Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi

Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi - Gondongan yang biasa kita tahu yaitu pembengkakan pada pipi dan area leher. Gondongan atau parotitis, atau yang biasa disebut mumps dalam Bahasa Inggris, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Biasanya, gondongan menyerang anak-anak antara usia 2-14 tahun. Namun tahukah Anda kalau gondongan juga bisa muncul di testis orang dewasa?

Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi

Waduh! Kenapa bisa muncul gondongan di testis? Apakah kondisi ini berbahaya? Bisakah penyakit ini menyebabkan masalah performa di ranjang atau bahkan kemandulan? Simak fakta-faktanya disini.

Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi

Dalam bahasa medis, gondongan di testis disebut orchitis. Orchitis adalah peradangan yang menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua testis di dalam buah zakar (skrotum). Penyakit ini biasa menyerang laki-laki berusia di atas 45 tahun dan terutama pada penderita gondongan leher.

Satu dari empat laki-laki yang terserang gondongan leher akan juga mendapatkan gondongan di testis. Biasanya gondongan di alat kelamin ini akan muncul setelah empat sampai delapan hari setelah Anda terkena gondongan di leher.

Testis bengkak, tapi saya tidak gondongan, apa penyebabnya? Jika Anda belum atau tidak pernah mendapat gondongan di leher, gondongan testis dapat muncul mandiri.

Testis yang membengkak ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui penyebab dari bengkaknya testis Anda dan konsultasikan ke dokter agar bisa diobati dengan benar. Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi

Beragam kemungkinan testis bengkak meski tidak punya gondongan di leher, termasuk:
  • Cedera atau luka, misalnya mengalami kecelakaan lalu lintas atau olahraga sehingga tubuh bagian bawah terbentur. Selain itu, jika sebelumnya pernah melakukan operasi bedah di area genital seperti vasektomi, bisa jadi testis bengkak adalah efek samping dari hal tersebut.
  • Membengkaknya epididimis Anda yang terletak di belakang kedua testis. Biasanya ini diikuti oleh ejakulasi yang berdarah.
  • Terjadi karena bengkak pada pembuluh darah balik Anda atau yang biasa disebut Varikokel. Biasanya dialami oleh pria muda dan terjadi pada salah satu testis (biasanya kiri).
  • Hernia inguinal, atau dinding perut bagian bawah yang melemah sehingga usus turun ke kantung testis juga dapat membuat testis terlihat lebih besar.
  • Kanker testis juga bisa menyebabkan pembengkakan. Inilah yang perlu Anda waspadai. Diagnosis dini bisa meningkatkan kemungkinan sembuh hingga lebih dari 90 persen.

Apa saja tanda dan gejala gondongan di testis?
Pembengkakan testis akan menyebabkan rasa sakit. Gejala lainnya yang umum terjadi selain bengkak dan sakit pada testis, termasuk juga mual, demam, dan terkadang sakit ketika buang air kecil. Orchitis dapat membuat testis mengerut. Bila ini terjadi, volume testis berkurang dan tentu saja produksi sperma akan berkurang. Namun begitu, orchitis tidak dilaporkan berdampak langsung pada masalah kesuburan lelaki.

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pembengkakan skrotum?
Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi pembengkakan skrotum:
  • Pakai penyangga atletik saat bermain olahraga yang berbahaya
  • Tetap melakukan seks yang sehat dan aman;
  • Kompres skrotum dengan es batu untuk meredakan bengkak
  • Berendam di air hangat untuk mengurangi bengkak
  • Hindari aktivitas berbahaya. Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi
Penelusuran yang terkait dengan Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi : obat alami testis bengkak, obat alami buah zakar bengkak sebelah kiri, obat alami buah zakar bengkak sebelah kanan, obat tradisional benjolan di buah zakar, "obat apotik buah zakar besar sebelah", obat testis bengkak di apotik, obat alami sakit buah zakar sebelah kiri, cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kanan

Cara Alami Mengatasi Buah Zakar Bengkak - Sakit Buah Zakar - Verikokel - Hidrokel - Kencing Nanah/Gonore - ISK - Sipilis/Raja Singa - Klamidia - Trikomoniasis Dan Penyakit Lainnya

Cara Mengobati Testis Bengkak Bisa Sembuh Tanpa Operasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih - Terdapat beberapa faktor yang dapat ...