Senin, 23 Maret 2020

Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya

Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya -  Masih belum mengethui apa yang menjadi penyebab dari adanya benjolan pada kantung testis atau buah zakar? Sebaiknya cepat cepat anda cari tahu agar segera melakukan pengobatan yang tepat. Dikhawatirkan jika kondisi yang anda alami merupakan gejala penyakit serius yang bila tidak segera diobati bisa menyebabkan kesuburan anda terganggu atau anda bisa mengalami kemandulan.

Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya

Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya


Benjolan di testis relatif sering dialami oleh anak laki-laki dan pria dewasa, dan dapat disebabkan oleh berbagai macam kelainan. Sebagian besar penyebab benjolan di testis tidak berbahaya. Walaupun benjolan seringkali menyebabkan kekhawatiran terhadap kemungkinan munculnya kanker testis, kelainan lain juga dapat menyebabkan benjolan di testis, seperti infeksi, peradangan pada kulit atau pembuluh darah balik. Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya

Penyebab Benjolan di Testis
Benjolan di testis dapat disebabkan oleh kelainan yang bukan merupakan proses keganasan (kanker). Beberapa kelainan tersebut, di antaranya:

  • Di atas testis, berjalan struktur menyerupai pipa yang disebut epididimis. Epididimis berfungsi untuk menyalurkan sel sperma keluar dari testis. Jika terbentuk kantung berisi cairan (kista) pada epididimis atau spermatocele, benjolan di testis dapat terjadi.
  • Epididimitis adalah radang pada epididimis. Epididimitis seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri, termasuk infeksi menular seksual. Kadang dapat disebabkan oleh infeksi virus atau aliran urine yang tidak normal ke epididimis.
  • Varicocele, yaitu pembesaran pada pembuluh darah testis. Varicocele tampak serupa dengan varises pada pembuluh darah kaki. Varicocele dapat menyebabkan kemandulan.
  • Hidrocele, yaitu penumpukan cairan pada selaput yang menyelubungi testis. Penumpukan cairan dalam jumlah kecil adalah normal, tapi jika jumlahnya banyak dapat menyebabkan pembengkakan yang tidak nyeri. Sering terjadi pasca infeksi atau cedera pada area genital. Kondisi ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua testis, dan tidak sakit.
  • Hematocele. Berbeda dengan hidrokel, pada hematocele darah menumpuk di selaput penyelubung testis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh trauma langsung.
  • Hernia inguinalis, atau lebih dikenal dengan istilah turun berok. Kelemahan otot dinding perut menyebabkan sebagian dari usus halus untuk turun dan mengisi skrotum, akhirnya menyebabkan benjolan.
  • Infeksi dapat terjadi pada testis (orkitis) atau epididimis (epididimitis). Proses radang akibat infeksi menyebabkan pembengkakan yang tampak seperti benjolan. Terapi meliputi pemberian antibiotik. Namun jika benjolan tidak juga hilang dengan pengobatan, pemeriksaan ke arah kanker testis harus dilakukan.
  • Cedera
  • Testis terputar (torsio testis). Torsio testis adalah kondisi yang membutuhkan penanganan segera akibat testis yang terpelintir. Nyeri yang ditimbulkan sangat hebat, dapat disertai dengan muntah dan pembengkakan testis. Puntiran menyebabkan terjepitnya pembuluh darah dan serabut saraf, sehingga tindakan untuk melepaskan puntiran harus segera dilakukan untuk menjaga aliran darah ke testis dan mencegah kematian sel-sel testis.
  • Orkitis adalah peradangan pada testis yang paling sering disebabkan oleh virus, misalnya virus campak. Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya

Faktor Risiko Benjolan di Testis
Sementara itu, faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya benjolan di testis meliputi:

Undesensus testis. Dalam satu tahun pertama kehidupan, testis yang awal mulanya berada di dalam rongga perut akan turun ke dalam kantong skrotum. Kegagalan testis untuk turun, baik satu maupun kedua testis, disebut dengan undesensus testis. Undesensus testis meningkatkan risiko terjadinya:

  • Hernia inguinalis
  • Testis terpuntir (torsio testis)
  • Kanker testis

Kelainan bawaan lahir pada testis, penis, atau ginjal meningkatkan risiko timbulnya benjolan pada testis di kemudian hari.

Riwayat kanker testis. Jika Anda didiagnosis kanker pada satu testis, maka testis lainnya juga berisiko terkena kanker. Riwayat kanker testis pada ayah atau saudara laki-laki juga meningkatkan risiko kanker testis.

Jika Anda menemukan benjolan di testis, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab yang berbahaya. Penanganan benjolan di testis bergantung pada penyebab dasar benjolan. Untuk mengurangi rasa nyeri atau tidak nyaman, obat antinyeri dapat diminum atau menggunakan pakaian dalam yang tepat. Jika benjolan tidak juga hilang, pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut mungkin dibutuhkan. Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya

Penelusuran yang terkait dengan Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya : ada benjolan di testis tapi tidak sakit, cara menghilangkan benjolan pada kantung zakar, obat tradisional benjolan di buah zakar, benjolan pada buah zakar sebelah kanan, benjolan pada buah zakar sebelah kiri bawah, penyebab kanker testis, cara mengobati buah zakar besar sebelah pada bayi secara alami, pengobatan tumor testis tanpa operasi

Cara Alami Mengobati Buah Zakar Bengkak - Sakit Buah Zakar - Verikokel - Hidrokel - Orchitis - Kencing Nanah/Gonore - ISK - Sipilis/Raja Singa - Klamidia - Trikomoniasis Dan Penyakit Lainnya

Penyebab benjolan di kantung testis disertai dengan cara mengobatinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih

Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak Dan Sakit Akibat Orchitis Dengan Menggunakan Kunyit dan Daun Sirih - Terdapat beberapa faktor yang dapat ...